Kunjungan Kerja Gubernur dan Ketua TP PKK Provinsi Lampung di Kabupaten Way Kanan Di Kampung Negara Batin Kecamatan Negara Batin Jum’at, 17 Juli 2020

oleh -514 views

Way Kanan MODERN TERKINI,
Sambutan tertulis Bupati H. Raden Adpati Surya, S.H.,M
Assalamu’alaikum Wr. Wb.
salam sejahtera bagi kita semua,
Tabik pun….!
Yang saya hormati, Bapak Gubernur Lampung dan jajarannya,
Yang saya hormati, Ibu Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Lampung,
Yang saya hormati, Wakil Bupati Way Kanan,
Yang saya hormati, Anggota FORKOPIMDA Kabupaten Way Kanan,
Yang saya hormati,  Sekda, Staf Ahli Bupati, Para Asisten dan Kepala SKPD di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Way Kanan,
Yang saya hormati, Ibu Ketua Tim Penggerak PKK, Ibu Ketua Dharma Wanita, dan Ibu Ketua Gabungan Organisasi Wanita Kabupaten Way Kanan, dan hadirin yang berbahagia.
Puji Syukur marilah kita panjatkan kehadirat Allah SWT Tuhan Yang Maha Esa, karena atas rahmat dan hidayah-Nya kita semua pada hari ini kita dapat bersilaturahmi menghadiri Kunjungan Kerja Bapak Gubernur Lampung dan Ibu Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Lampung di Kabupaten Way Kanan dalam keadaan sehat walafiat.

Baca Juga :  Raja Gowes Baturaja Ikut Berpartisipasi Di SRGF 2020

Shalawat dan salam semoga senantiasa tercurah kepada junjungan kita, panutan kita, Rasulullah SAW, Keluarga beserta para Sahabat yang selalu teguh melaksanakan ajarannya dan selalu kita nantikan syafa’atnya di Yaumil Akhir kelak, Aamiin.
Mengawali sambutan ini atas nama Pemerintah dan Masyarakat Kabupaten Way Kanan saya mengucapkan Selamat Datang Kepada Bapak Gubernur Lampung dan Ibu Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Lampung di Kabupaten Way Kanan. Kedatangan Bapak Gubernur dan bapak-bapak, ibu-sekalian, merupakan kebahagiaan bagi kami, yang tentu akan memotivasi kami dalam melaksanakan pembangunan.

Bapak Gubernur dan hadirin yang saya hormati,
Kabupaten Way Kanan didirikan lebih dari 21 tahun yang lalu tepatnya 27 April tahun 1999. Jumlah penduduk Kabupaten Way Kanan 432.914 jiwa. Secara berurutan dari 15 (lima belas) kecamatan yang ada, terdapat 3 (tiga) kecamatan dengan jumlah penduduk terbesar yaitu Kecamatan Blambangan Umpu dengan jumlah 54.818 jiwa, diikuti oleh Kecamatan Banjit 41.977 jiwa dan Kecamatan Baradatu 37.715 jiwa.
Dalam rangka mewujukdan Visi Pemerintah Kabupaten Way Kanan yaitu Way Kanan Maju dan Berdaya Saing dan Mendukung Visi Pemerintah Provinsi Lampung “Rakyat Lampung Berjaya” (aman, berbudaya, maju dan berdayasaing, sejahtera). Ada beberapa hal yang dapat kami laporkan sebagai berikut:
1. Tata Kelola Pemerintahan
Pemerintah Kabupaten Way Kanan telah meraih WTP dari BPK selama 10 tahun berturut-turut, pembenahan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) sudah berada pada level cukup dan akan terus ditingkatkan. Dalam hal pengembangan ASN telah dilakukan pelaksanaan tes narkoba, assessment, lelang jabatan, finger print online dan kontrak kinerja.
2. Infrastruktur
Dalam hal pembangunan infrastruktur telah dilakukan penanganan jalan kabupaten sepanjang 1.071,69 km termasuk jalan strategis 666 km, sedangkan untuk menunjang peningkatan produksi padi telah dibangun 22 DI (daerah irigasi), pembangunan 40 bendungan dan pembangunan air irigasi tanah di 127 lokasi.
Untuk penyediaan air minum dan sanitasi berbasis masyarakat (Pamsimas) dilaksanakan di 70 kampung; Pembangunan Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) di  9 kampung; Sanitasi lingkungan berbasis masyarakat (SLBM) di 17 Kampung; dan Bantuan stimulan perumahan swadaya (BSPS) sebanyak 1.177 unit.
Disisi lain setelah berupaya + 13 tahun Bandar Udara Gatot Subroto menjadi Bandara Komersil dapat diresmikan  Menteri Perhubungan pada tanggal 6 April 2019, dan saat ini terus dilakukan upaya penjajakan kerjasama dengan maskapai penerbangan.
3. Sumberdaya Manusia
Peningkatan kualitas sumberdaya manusia terus meningkat yang ditunjukkan dengan membaiknya Indeks Pembangunan Manusia dimana pada tahun 2015 masih berada pada angka 65,18 meningkat menjadi 67,19 pada tahun 2019, dan angka kemiskinan pada tahun 2015 sebesar 14,61% menurun menjadi 13,07% pada tahun 2019.
Dalam rangka meningkatkan kualitas pelayanan pendidikan terus dilakukan dengan melakukan pembangunan.

Baca Juga :  Abdul Manan Ketua Satgas Covid-19 Desa Penantian Tahun 2021

    Reporter  :. Edo

Print Friendly, PDF & Email

No More Posts Available.

No more pages to load.