Rapat Paripurna DPRD Dalam Rangka Penyampaian Rancangan KUA-PPAS Kabupaten Way Kanan Tahun Anggaran 2021 Di Ruang Rapat Paripurna DPRD Way Kanan Rabu, 29 Juli 2020

oleh -557 views

Rapat Paripurna DPRD Dalam Rangka Penyampaian Rancangan KUA-PPAS Kabupaten Way Kanan Tahun Anggaran 2021
Di Ruang Rapat Paripurna DPRD Way Kanan
Rabu, 29 Juli 2020

Way Kanan, Modern Terkini, – Pidato Bupati H. Raden Adipati Surya, S.H.,M.M

Bismillahirrahmanirrahim,
Assalamu’alaikum wr, wb.
Salam Sejahtera untuk kita semua,
Om Swastiastu,
Tabik pun….!

Yang terhormat, Ketua, Wakil-wakil Ketua dan Anggota DPRD Kabupaten Way Kanan;
Yang saya hormati, Wakil Bupati Way Kanan,
Yang saya hormati, Anggota Forkopimda Kabupaten Way Kanan;
Yang saya hormati, Sekda, Staf Ahli, Para Asisten, Inspektur, Sekretaris Dewan, Kepala Badan, Kepala Dinas, Kepala Kantor, Kepala Bagian, di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Way Kanan;
Yang saya hormati, Camat se-Kabupaten Way Kanan;
Yang saya hormati, Ibu Ketua Tim Penggerak PKK, Ibu Ketua Dharma Wanita, dan Ibu Ketua Gabungan Organisasi Wanita Kabupaten Way Kanan, dan hadirin yang berbahagia.

Alhamdulillah, segala puji bagi Allah SWT, atas rahmat dan karunia-Nya yang senantiasa dilimpahkan kepada kita semua, sehingga pada hari ini dalam semangat kebersamaan, kita dipertemukan kembali dalam forum Rapat Paripurna yang terhormat ini, dalam rangka penyampaian Kebijakan Umum Anggaran (KUA) dan Prioritas Plafon Anggaran Sementara (PPAS) Tahun Anggaran 2021, kita berharap dengan pertemuan ini akan melahirkan langkah-langkah yang lebih baik, untuk kemajuan Kabupaten Way Kanan yang kita cintai ini. Amiin.
Sholawat dan salam marilah kita sanjungkan ke Nabi Muhammad SAW dan keluarga serta sahabatnya, semoga kelak kita mendapatkan safa’atnya di hari akhir.
Dalam kesempatan yang baik ini, Saya juga menyampaikan ucapan terima kasih dan apresiasi yang tak terhingga kepada DPRD Kabupaten Way Kanan yang telah berkenan mengagendakan Rapat Paripurna ini, dalam rangka penyampaian KUA-PPAS Tahun 2021 yang merupakan agenda rutin tahunan kita.
Kebijakan Umum Anggaran (KUA) dan Prioritas Plafon Anggaran Sementara (PPAS) Tahun Anggaran 2021 merupakan acuan dalam penyusunan rancangan APBD Kabupaten Way Kanan Tahun Anggaran 2021. Kebijakan Umum Anggaran (KUA) dan Prioritas Plafon Anggaran Sementara (PPAS) Tahun Anggaran 2021 ini disusun berdasarkan Dokumen Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kabupaten Way Kanan Tahun 2021.

Baca Juga :  Abaikan Banjir, Bayi 10 Bulan Hanyut

Saudara Ketua, Wakil-wakil Ketua dan Para Anggota Dewan yang terhormat,

Saat ini negara di dunia termasuk Indonesia sedang menghadapi tantangan yang paling berat dan membawa perubahan bagi kehidupan kita sehari-hari.
Pandemi COVID-19 ini telah berdampak pada kegiatan perekonomian secara nasional, termasuk pada pelaksanaan program-program pembangunan di Kabupaten Way Kanan. Turunnya daya beli masyarakat adalah dampak nyata bahwa pandemi ini menjadi tujuan kita bersama untuk membuat berbagai kebijakan berdasarkan belanja prioritas yang akan difokuskan pada pemulihan ekonomi, sosial dengan tetap memprioritaskan kesehatan masyarakat.
Pada kesempatan yang berbahagia ini, secara ringkas KUA-PPAS APBD Tahun Anggaran 2021 dapat dijelaskan sebagai berikut :
1. Pendapatan Daerah
Secara total pendapatan daerah tahun 2021 direncanakan sebesar Rp.1,367 Triliun yaitu mengalami peningkatan sebesar 9,34 persen dari Tahun 2020. Hal ini disebabkan karena menyesuaikan dengan kondisi Perekonomian Nasional.
2. Belanja
Secara umum belanja daerah tahun 2021 dialokasikan sebesar Rp.1,305 Triliun atau terjadi penyesuaian dari belanja daerah tahun 2020 sebesar 7,32 persen.
3. Pembiayaan
Dari sisi penerimaan pembiayaan Tahun 2021 dianggarkan sebesar Rp.5 Milyar bersumber dari sisa lebih perhitungan anggaran tahun anggaran sebelumnya.
Sedangkan pengeluaran pembiayaan tahun 2021 dianggarkan sebesar Rp.67,4 Milyar.

Baca Juga :  Insya Allah Bulan November Muara Enim Akan Mengadakan Event 4 X 4 Adventure Di Bumi Serasan Sekundang

Saudara Ketua, Wakil-wakil Ketua dan Para Anggota Dewan yang terhormat,

Pada Akhirnya kami sampaikan permohon maaf apabila terdapat hal-hal yang kurang berkenan dan kami berharap kiranya dalam pembahasan KUA-PPAS Tahun 2020 dapat diteliti, dibahas dan disepakati bersama.
Sekian dan terima kasih,
Wallohul Muwafiq Ila Aqwamithorieq,
Wassalamualaikum Wr, Wb,
Om shanti shanti shanti om.

Reporter. : Edo

Print Friendly, PDF & Email

No More Posts Available.

No more pages to load.