Jemaah Masjid AL-KAUTSAR Ruwahan Bersama, Sambut Bulan Suci Ramadhan 1442 H

oleh -897 views

Baturaja, Modern Terkini- Ruwahan berasal dari kata “Ruwah” merupakan bulan urutan ke tujuh, dan berbarengan dengan bulan Sya’ban tahun Hijriyyah. Kata “ruwah” sendiri memiliki akar kata “arwah”, atau roh para leluhur dan nenek moyang. Konon dari arti kata arwah inilah bulan dijadikan sebagai bulan untuk mengenang para leluhur.

Ruwahan dilakukan sepuluh hari sebelum bulan puasa (Ramadhan). Pada tradisi ini sejumlah ritual digelar menurut tradisi dan adat di setiap masing-masing daerah atau pedukuhan.

Hari ini Minggu 11/04/21 masjid Al Kautsar yang berada di lingkungan RW 05 kelurahan Sekar Jaya Kecamatan Baturaja Timur mengadakan Ruwahan bersama dengan protokol kesehatan yang ketat . Serta untuk kirim surat Alfatihah bagi yang ingin mengirimkan Do’ a nya kepada keluarga yang sudah meninggal dunia.

Baca Juga :  Polisi Kepung Rumah Bandar Narkoba, Puluhan Paket Shabu Diamankan
Rosadi, SPd, MM Ketua Masjid AL-KAUTSAR

Menurut Rosadi, SPd,MM ketua pengurus masjid Al-Kautsar dalam sambutannya menyampaikan kepada jemaah yang hadir bahwa kegiatan ini murni menggunakan biaya kas masjid. Juga untuk menjalin silaturahmi semua warga RW 05 Kelurahan Sekar Jaya.

Setelah itu acara dilanjutkan dengan pembacaan ayat suci Al-Quran dan kirim Alfatihah kepada keluarga yang telah mendahului kita. Lalu di lanjutkan dengan membaca surah Yassin bersama jemaah yang hadir.

Ustadz H.M.Teguh, S Ah, MPDi

Tausiyah Ruwahan dalam menyambut bulan suci Ramadhan 1442 H disampaikan oleh ustadz H. Muhammad Teguh, S Ag, MPDi ini sudah sangat dikenal oleh warga OKU karena menyampaikan dakwahnya dengan apa adanya dan kocak sehingga jemaah banyak yang larut dengan ceramahnya.

Baca Juga :  Rapor Merah Dari AMP, Untuk Dinas PUPR Kabupaten OKU

Dakwah yang disampaikan pada kesempatan tersebut bahwa kita sebagai manusia yang beriman adalah mentaati perintah puasa. Melatih kesabaran, perbanyak zikir baik siang maupun malam.

Memperbanyak membaca Al Qur’an, shadaqah, dan melaksanakan shalat tarawih karena tidak ada shalat Sunnah di bulan yang lain selain di bulan Ramadhan ini. Juga segala ibadah yang dikerjakan pada bulan suci ini pahalanya dilipatgandakan.

Tausiyah berakhir saat waktu shalat ashar dan di lanjutkan dengan shalat berjamaah . Acara ditutup dengan hidangan yang telah disiapkan oleh panitia .

Baca Juga :  Penyaluran BST Tahap Ketiga, Desa Lubuk Batang Baru

Reporter : Fikri

Print Friendly, PDF & Email

No More Posts Available.

No more pages to load.