Masjid Al Kautsar, Mulai Terima Zakat Fitrah 1442 H

oleh -1,168 views

Baturaja, Modern Terkini- Sabda Rasulullah shallallohu alaihi wa sallam: “Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam telah mewajibkan zakat Fithr (fitrah) satu sha’ dari kurma atau satu sha’ dari gandum kepada budak atau yang merdeka, laki-laki atau perempuan anak kecil ataupun dewasa dari kaum muslimin dan Beliau menyuruh untuk dibayar sebelum manusia keluar untuk shalat (‘ied).” (HR. Bukhari Kitab Zakat 3:367 no. 1503 dari hadits Ibnu Umar

Individu yang mempunyai kelebihan makanan atau hartanya dari keperluan tanggungannya pada malam dan pagi hari raya.
Anak yang lahir sebelum matahari jatuh pada akhir bulan Ramadan dan hidup selepas terbenam matahari.
Memeluk Islam sebelum terbenam matahari pada akhir bulan Ramadan dan tetap dalam Islamnya.
Seseorang yang meninggal selepas terbenam matahari akhir Ramadan.

Baca Juga :  Bupati OKU Hadiri Sosialisasi BSPS Tahun 2020

Hari ini Senin 10/05/2021  panitia Amil Zakat Fitrah masjid Al-Kautsar yang berada di lingkungan RW 05 kelurahan Sekar Jaya, mulai menghimpun penerimaan Zakat Fitrah dari warga RT , 13,14 ,15.

Menurut ketua panitia penerimaan Amil  Zakat  Ustad Baharudin, mengatakan bahwa  masjid Al-Kautsar akan menerima zakat fitrah dari warga mulai tanggal 10,11,dan 12 Mei yang akan datang . Tokoh agama RW 05 ini  menuturkan bahwa zakat fitrah yang di terima Tahun ini  1442 H, berupa  uang tunai senilai 25.000 rupiah atau beras seberat 2,5 Kg.

Baca Juga :  Diduga Tak Bisa berenang, Seorang Anak Warga Air Gading Tenggelam Di Sungai Ogan
Banner penerimaan Zakat Fitrah

Sedangkan untuk penerima zakat fitrah ini adalah Mustahik (adalah istilah untuk menyebut orang-orang yang boleh menerima penyaluran zakat atau sasaran zakat (masharif). “Sesungguhnya zakat-zakat itu adalah untuk (milik) para fakir, miskin, amil, muallaf, untuk (urusan) membebaskan budak, orang-orang yang berhutang, sabilillah, dan ibnu sabil). Warga yang berada di lingkungan RW 05 Sekar Jaya .

Tak lupa ketua  pengurus masjid Al-Kautsar   Rosadi, SPd,MM  mengucapkan selamat merayakan hari raya Idul Fitri 1 Syawal 1442 H bagi seluruh umat muslim .

Baca Juga :  Pondok Makan, Dilintas Tengah Sumatera

   Reporter : Fikri

Print Friendly, PDF & Email

No More Posts Available.

No more pages to load.