GIAT FORUM GROUP DISKUSI DALAM RANGKA DIANMAS MAHASISWA PTIK KEPOLISIAN NEGARA REPUBLIK INDONESIA DI KAB OKU TAHUN 2022

oleh -477 views

Baturaja, Modern Terkini- Selasa tanggal 15 Maret 2022 pukul 09.00 WIB. Bertempat Ruang Rapat Bina Praja Jl. A Yani Km 07 Kemelak Bindung Langit Baturaja Timur Kab.OKU.  Berlangsung giat Forum Group Diskusi Dalam Rangka Giat Dianmas Mahasiswa PTIK Kepolisian Negara Republik Indonesia Di Kabupaten OKU Tahun 2022.

Hadir dalam giat tersebut Plh Bupati OKU H. Teddy Meilwansyah, S.STP, M.M, M.Pd, KOMBES POL Denny Hariyadi, S.Ik, M.Si Perwira Pendamping Mahasiswa PTIK angkatan 79.

Kapolres OKU AKBP. Danu Agus Purnomo, S.I.K, Kabag SDM KOMPOL Hamdanil Azmi SSi, Kasat Intelkam AKP Hendry Antonius, SH, Kasat Bhinmas AKP Marjuni, SE, Dandim 0403/OKU diwakili oleh Danramil Lubuk Batang Kapten Inf Surasa, Sekda OKU/Ketua FKUB OKU), Ketua MUI OKU , Plt kadinkes OKU, Kakan Kesbangpol OKU, Kepala BPBD OKU, dan para Mahasiswa S1 Ilmu Kepolisian Angkatan Ke-79/WTP 2021/2022.

Tema FGD yaitu Pentingnya Vaksinasi Bagi Masyarakat Untuk Meningkatkan Imunitas.

Paparan dari PLH Bupati OKU H. Teddy Meilwansyah, S.STP, M.M, M.Pd. Luas Wilayah Kabupaten OKU 4.797 km²  dan memiliki sebanyak 13 Kecamatan serta 157 Desa/Kelurahan. Visi Kabupaten OKU yaitu Terwujudnya Ogan Komering Ulu yang Bersih, Kreatif, Religius, Maju dan Sejahtera.

Potensi yang ada di Kabupaten OKU yaitu Pertanian, pertambangan energi, peternakan dan perikanan serta Bidang pariwisata. Kabupaten OKU termasuk wilayah yang Kondusif, capaian tersebut dapat diraih berkat Sinergitas antara Pemerintah Kab.OKU dan Polres OKU.

Baca Juga :  Kapolres OKU Menyaksikan Final dan Pemberian Trophy pada Tournamen Billiard Kapolres Cup I

Pemerintah Kabupaten OKU juga telah melaksanakan program keroyok Vaksin bekerjasama dengan polres OKU,  Kodim 0403/OKU dan  pihak BIN. Dan saat ini Pemkab.OKU sedang Berfokus gencar dalam melaksanakan Vaksinasi Ke Dosis III.

Hingga detik ini himbauan sosialisasi prokes covid 19 terus dilakukan secara masif baik oleh pemkab.OKU dan polres OKU. Adapun sinergitas Pemkab.OKU dengan Polres OKU antara lain sebagai berikut, Kerjasama dalam penyelenggaraan Milenial Safety Road Festival Tahun 2019.

Membentuk Satgas terpadu melalui posko pemantauan dan pengamanan perayaan hari raya dan peringatan tahun baru. Satgas pengamanan pada agenda- agenda  penting Pemerintahan di Daerah serta Pembinaan Polisi Cilik.

Terkait situasi Aktual Kamtibmas sampai saat ini Masih dapat dicegah dan diatasi oleh polres OKU. Melalui FGD  berharap akan dapat semakin memantapkan situasi dan kondusifitas wilayah hal tersebut guna keberlangsungan pembangunan di Kabupaten OKU.

Pemerintah Kabupaten OKU tentunya membuka diri, dipersilahkan Mahasiswa S1 PTIK untuk Melakukan observasi dan wawancara kepada para narasumber yang terkait.

Adapun beberapa sambutan dalam kegiatan tersebut yaitu  Sambutan Kombes pol Denny Hariyadi, S.Ik, M.Si Perwira Pendamping Mahasiswa PTIK angkatan 79.

Baca Juga :  Lagi... Bapak Tiri "Cabuli" Anaknya

“Pada prinsipnya kegiatan merupakan hasil kerjasama antar mahasiswa, instansi terkait dan masyarakat, yang memiliki tujuan untuk mengimplementasikan pengetahuan yang telah didapatkan oleh para Mahasiswa dilembaga Pendidikan. Sehingga apa yang menjadi permasalahan, melalui FGD nantinya akan mendapatkan titik temu” ujarnya.

FGD tersendiri bersifat Fleksibel Tidak hanya Berfokus pada tema yang Diangkat.  Kepada tamu undangan Mohon masukan, saran dan pendapat sehingga Kegiatan FGD dapat melahirkan solusi terhadap permasalahan yang terjadi.

Sambutan Kapolres OKU AKBP. Danu Agus Purnomo, S.I.K berkaitan dengan tema yang diangkat tentunya banyak hambatan  yang dialami pada saat implementasi. Dalam hal ini polres OKU bersinegri bersama .

“Pemerintah Daerah melalui Dinas Kesehatan melakukan Komunikasi bersama lintas agama yang ada di Kabupten OKU. Dari hasil komunikasi tersebut ada upaya yang telah dilakukan antara lain yaitu melaksanakan vaksinasi dengan metode jemput bola dan  melaksanakan gebyar vaksinasi.

Pada akhir tahun 2021 Polres OKU terkait Vaksinasi telah mencapai angka 90%, dimana angka tsb telah sesuai dengan harapan KAPOLDA dan Gubernur SUMSEL.

Terkait Vaksinasi III atau Booster sesuai data terakhir hanya mencapai 3%. Tentunya capaian kecil ini merupakan tantangan bersama bagi kita semua untuk meyakinkan masyarakat agar aktif dalam melaksanakan Vaksinasi Booster ke III.

Baca Juga :  Terlilit Hutang, Gelapkan Uang Penjualan Rokok

Dalam upaya meningkatkan Capaian angka Vaksinasi Dosis III Polres OKU menyelenggarakan Vaksinasi Berhadiah motor dan hadiah menarik lainnya, hal ini bertujuan agar dapat merangsang kembali masyarakat untuk melaksanakan vaksinasi kembali baik dosis II maupun III.

Meyakini dengan sinergitas yang kuat antara Pemerintah Kabupaten OKU, Polres OKU, Kodim 0403/OKU serta Forum Keagamaan, Kabupaten OKU dapat mencapai target Vaksinasi yang telah ditentukan sebelum bulan suci ramadhan” ujar Kapolres OKU

Berlangsungnya kegiatan Fokus Group Diskusi di Kantor Pemda Kab. OKU dalam rangka rangkaian kegiatan Pengabdian Masyarakat (Dianmas) Mahasiswa PTIK Kepolisian Negara Republik Indonesia diwilayah Kabupaten OKU Tahun 2022.

Dengan adanya kegiatan seperti ini dapat dijadikan momentum untuk dapat meningkatkan SDM masyarakat yang lebih unggul dengan beberapa elemen pemerintahan khususnya dibidang kesehatan yang ada diwilayah Kab. OKU sesuai dengan tema kegiatan yaitu “Pentingnya Vaksinasi Bagi Masyarakat Untuk Meningkatkan Imunitas”.

Kiranya kegiatan seperti ini dapat terus dilakukan sehingga dapat berguna dalam meningkatkan beberapa aspek, seperti SDM unggul, ekonomi yang baik dan lainnya terhadap masyarakat khususnya diwilayah Kab. OKU ( Hms/fik).

Print Friendly, PDF & Email

No More Posts Available.

No more pages to load.