Kodim 0403/OKU Salurkan Bantuan Tunai Bagi Pedagang Kaki Lima dan Pemilik Warung

oleh -1,463 views
Dandim 0403/OKU menyerahkan secara simbolis bantuan bagi pedagang kaki lima dan pemilik warung

Baturaja, modernterkini.com – Kodim 0403/OKU akan menyalurkan bantuan langsung tunai kepada 10.000 pedagang kaki lima, warung dan nelayan di Kabupaten Ogan Komering Ulu. Hal tersebut disampaikan oleh Komandan Kodim 0403/OKU Letkol. Inf. Ferizal.R, S.I.P., dalam pelaksanaan kegiatan Penyaluran Bantuan Tunai Pedagang Kaki Lima Warung dan Nelayan yang dilaksanakan di Rmakodim 0403/OKU, Jum’at (8/4/2022).

Dalam kegiatan yang dihadiri oleh Kepala Kejaksaan Negeri OKU yang diwakili Kasi Pidana Khusus Johan Ciptadi, SH., Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten OKU Lukmanul Hakim, pejabat dilingkungan Kodim 0403/OKU dan masyarakat penerima bantuan tunai tersebut Dandim 0403/OKU Letkol. Inf. Ferizal menyampaikan bahwa bantuan yang diberikan kepada masyarakat tersebut merupakan bantuan pemerintah pusat.

“Bantuan ini adalah bantuan pemerintah dalam hal ini adalah Bapak Presiden Jokowi yang disampaikan melalui TNI, jadi ini bukan bantuan dari TNI,” ujar Dandim 0403/OKU.

Baca Juga :  Robet : Masak Kita Mau Percaya Dengan Oknum Anggota DPRD Yang Menyamakan Penggembokan Dan Hilangnya Kursi Di Gedung DPRD Dengan Urusan Selangkangan?

Dijelaskan oleh Dandim bahwa kegiatan pemberian bantuan tunai bagi pedagang kaki lima, warung dan nelayan yang disalurkan melalui TNI tersebut dikhususkan bagi masyarakat yang belum menerima bantuan dari Departemen Perdagangan dan Koperasi, adapun besaran bantuan adalah berjumlah 600.000 per penerima bantuan.

Pendataan dilakukanmelalui Babinsa dengan menggunakan aplikasi elektronik dengan cara memasukkan NIK calon penerima dan jika calon penerima telah pernah menerima maka secara otomatis tidak bisa menjadi penerima bantuan langsung tunai tersebut.

“Nanti difoto bukti penerima, ini bukan untuk diekspos, tapi sebagai tanggung jawab kami, setelah bapak/ibu menerima tersebut kami harus melaporkan, kalau tidak demikian nanti dibilang fiktif atau tidak nyata,” jelas Dandim

Baca Juga :  Mulyati Atik Salah Satu Perekrut Member Terbanyak iZaura

Bantuan tunai pemerintah melalui Kementerian Perdagangan tersebut disampaikan oleh Dandim dialokasikan bagi pedagang kaki lima, warung dan nelayan. Untuk Kabupaten OKU sendiri ditambahkan Letkol Inf. Ferizal bahwa Kodim 0403/OKU dibebankan untuk menyalurkan 10.000 bantuan tunai untuk masyarakat.

“Berkat upaya Babinsa bekerjasma dengan camat dan kepala desa alhamdulillah 10.000 penerima bantuan tersebut teah terdata. Dan karena di OKU tidak ada nelayan maka bantuan ini khusus di OKU hanya untuk pedagang kaki lima dan warung, untuk simbolis hari ini kita akan serahkan 420 bantuan tunai bagi masyarakat,” urai Dandim.

Baca Juga :  Bupati OKU Hadiri Sosialisasi BSPS Tahun 2020

Letkol Inf. Ferizal berharap masyarakat penerima bantuan tunai tersebut dapat memanfaatkan bantuan dari pemerintah dengan baik, utamanya di bulan Ramadhan ini.

“Semoga bantuan dari pemerintah kepada kita ini barokah, terlebih di bulan Ramadhan ini,” harapnya.

Sementara itu Munsiyah salah satu penerima bantuan merasa sangat berterimaksih atas bantuan yang iya terima dan bantuan tersebut akan dipergunakannya untuk tambahan modal dirinya berdagang.

Dijelaskan Munsiyah bahwa dirinya didata oleh Babinsa dan diminta untuk menyerahkan KK dan KTP serta foto tempat usaha/warung sebagi  syarat mendapatkan bantuan tunai tersebut.

“Sangat terimakasih sekali, mudah-mudahan bisa untuk menambah modal kedepannya,” ujar wanita yang berdagang gorengan dan makanan di lingkungan Dinas Kesehatan OKU itu. (Red)

Print Friendly, PDF & Email

No More Posts Available.

No more pages to load.