Mufti Audha Berikan Kultum, Dalam Jum’at Perdana Masjid Nuruusyifaa

oleh -485 views

Baturaja, Modern Terkini- Aktivitas ibadah shalat wajib yang dilaksanakan secara berjama’ah bagi lelaki muslim setiap hari Jumat yang menggantikan salat zuhur. Salat Jumat hanya dipraktikkan oleh penganut Sunni. Wahai orang-orang yang beriman, apabila kamu diseru untuk melaksanakan salat pada hari Jumat, maka bersegeralah mengingat Allah dan tinggalkanlah jual beli, dan itu lebih baik bagi kamu jika kamu mengetahui. (Al Jumu’ah 62:9)

Khotib menyampaikan khotbah nya

Hari ini adalah Jum’at Perdana di Masjid Nuruusyifaa Jembatan Layang SPK Komplek Panti Asuhan As Syifaa (Ustadz Syaripuddin). Baturaja 12/08/2022 M / 15 Muharram 1444 H. H. Syaripudin S Pd.I, pemilik rumah panti asuhan as syifa dan masjid Nuruusyifaa selaku imam dan khotib jumat perdana.

Baca Juga :  Pjs Bupati OKU Gowes Bareng Radja Gowes Baturaja

Dalam Khotbahnya menyampaikan arti kemerdekaan yang telah kita raih di tahun 1945 yang lalu atau sudah 77 tahun kita merdeka.

“Kemerdekaan adalah sesuatu yang sangat bermakna bagi setiap bangsa di dunia. Dengan adanya kemerdekaan sebuah bangsa dapat berdiri sendiri dan mampu menentukan nasibnya sendiri. Makna dan arti penting kemerdekaan juga tercantum dalam Pembukaan UUD 1945” kata H. Syaripudin S Pd.I

Mufti Audha saat memberikan sambutan dan kultum

Sementara itu sebelumnya sidang Jum’at dimulai tokoh masyarakat OKU atau bisa disebut tokoh agama dan juga pengurus H. Mufti Audha, S.Pd.I, memberikan kata sambutan selaku pengurus masjid dan Kultum (Kuliah Tujuh Menit), bersyukur atas dipergunakannya utk Shalat Jum’at perdana.

Baca Juga :  Tim Singa Ogan Polres OKU Ungkap "Pencurian Dengan Pemberatan "

Dalam kultumnya Mufti Audha, S.Pd.I menyampaikan QS. Az Zuriyat Ayat 56, QS. Ibrahim ayat 7.

وَمَا خَلَقْتُ الْجِنَّ وَالْاِنْسَ اِلَّا لِيَعْبُدُوْنِ

Aku tidak menciptakan jin dan manusia melainkan agar mereka beribadah kepada-Ku.

Allah memerintah Nabi Muhammad beristikamah dalam mengajak umatnya mengesakan Allah karena sesunguhnya itulah tujuan penciptaan. Aku tidak menciptakan jin dan manusia untuk kebaikan-Ku sendiri. Aku tidak menciptakan mereka melainkan agar tujuan hidup mereka adalah beribadah kepada-Ku karena ibadah itu pasti bermanfaat bagi mereka.

وَاِذْ تَاَذَّنَ رَبُّكُمْ لَىِٕنْ شَكَرْتُمْ لَاَزِيْدَنَّكُمْ وَلَىِٕنْ كَفَرْتُمْ اِنَّ عَذَابِيْ لَشَدِيْدٌ

Baca Juga :  Desa Karta Mulya Fokuskan Pembangunan Sumur Bor

Dan (ingatlah) ketika Tuhanmu memaklumkan, “Sesungguhnya jika kamu bersyukur, niscaya Aku akan menambah (nikmat) kepadamu, tetapi jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka pasti azab-Ku sangat berat.”

Dan ingatlah pula ketika Tuhanmu memaklumkan suatu maklumat yang dikukuhkan, “Sesungguhnya Aku bersumpah, jika kamu bersyukur atas nikmat-nikmat-Ku kepadamu, niscaya Aku akan menambah kepadamu nikmat lebih banyak lagi, tetapi sebaliknya, jika kamu mengingkari nikmat-Ku, maka pasti azab-Ku sangat berat.”Mufti Audha, S.Pd,I menuturkan

Setelah shalat Jum’at perdana diadakan makan siang bersama jemaah. Dihadiri 100 orang . Semua jemaah merasa nyaman dan tak menyangka masjid ini sudah bisa di fungsikan sebagaimana mestinya. ( fik )

Print Friendly, PDF & Email

No More Posts Available.

No more pages to load.