Rakor Persiapan Kampanye Dan Pelaporan Dana Kampanye Pemilu 2024

oleh -733 views

Baturaja, Modern Terkini- Rabu 22/11/2023 pukul 09.50 WIB bertempat di kantor sekretariat KPU( Komisi Pemilihan Umum) Km 4,5 Kelurahan Kemelak Bindung Langit Kecamatan Baturaja Timur Kabupaten OKU.  Nerlangsung kegiatan Rakor ( Rapat Koordinasi ) dalam rangka persiapan pelaksanaan kampanye dan pelaporan dana kampanye pemilu 2024 di wilayah Kabupaten OKU.

Hadir pada kesempatan ini  Ketua KPU Kabupaten OKU Naning Wijaya, ST.,  Kapolres OKU diwakili Kasat Intelkam AKP. Hendri  Antonius, SH, Komisioner KPU Divisi teknis dan Penyelenggara, Saiful  Anwar Hendri, Komisioner KPU Divisi Hukum dan Pengawasan, Jaka Irhsmka,SH, Komisioner KPU Divisi Perencanaan, Data dan Informasi, Rahmat  Hidayat, SH.I, Komisioner KPU Divisi Pendidikan Pemilih Partisipasi Masyarakat dan SDM, Doni Mardianto,SH. Ketua Bawaslu Kab OKU diwakili Staff Divisi SDM Baharudin dan Masing-masing Perwakilan Parpol.

Dalam sambutannya Ketua KPU Naning Wijaya, ST., menyampaikan Perlu diketahui bersama bahwa pada tanggal 28 November 2023 tahapan kampanye pemilu tahun 2024 akan dimulai. Maka sebelum hal tersebut dilaksanakan pada hari ini kita akan menyamakan persepsi Titik kampanye yang sudah direkomendasikan atau yang telah diajukan oleh masing-masing partai Politik. Selanjutnya KPU Kabupaten OKU akan melakukan penyusunan jadwal kampanye yang nantinya akan kita sepakati bersama.

Baca Juga :  Bejad, Selama Dua Hari Anak Dibawah Umur Digagahi

Dalam rangka kampanye terdapat Rekening Dana Kampanye, Penggunaan Aplikasi  Sistem Informasi Kampanye dan Dana Kampanye (SIKADEKA) dan pelaporan dana kampanye.

Apabila tidak memberikan pelaporan pertanggung jawaban dana kampanye akan berdampak pada diskualifikasi peserta Politik. Alhamdulillah 18 parpol yang ada di wilayah Kab OKU sudah menyerahkan rekening Dana Kampanye.

Adapun titik lokasi yang direkomendasikan pemkab OKU seperti GOR, dan stadion Kemiling Baturaja namun tetap harus dengan persetujuan pengelola. Point yang perlu diingatkan bahwa tidak boleh melaksanakan kampanye pada malam hari dan Bawaslu akan melakukan monitoring pelaksanaan Kampanye guna mengantisipasi pelanggaran kampanye.

Baca Juga :  Jengah Dengan Kondisi Kabupaten OKU, Aliansi Masyarakat Peduli OKU Gelar Aksi Di DPRD

Diharapkan pada tahapan kampanye Pemilu 2024 tidak ada yang mengacaukan situasi, konflik antar pendukung oleh sebab itu guna mengantisipasi hal tersebut akun medsos yang diberikan merupakan akun yang difungsikan jangan yang tidak terdaftar, kami yakin kita semua dapat menjaga sinergitas dan keamanan selama tahapan pemilu tahun 2024.

Selanjutnya kegiatan penyampaian materi kampanye Pemilu 2024 oleh Komisioner KPU K Divisi teknis dan Penyelenggara, Saiful Anwar Hendri sebagai berikut Kebijakan Kampanye Pemilihan Umum Serentak Tahun 2024 Dasar Hukum, meliputi : a. UU No 7 Tahun 2017 Tentang Pemilu, b. PKPU No 15 Tahun 2023 Tentang Kampanye Pemilu, c. Pasal 82 PKPU 15/2023 tentang Pedoman Teknis Pelaksanaan Kampanye Pemilu

Metode Kampanye pada pemilu 2024 yaitu  a. Pertemuan terbatas,
b. Pertemuan tatap muka, c. Penyebaran bahan kampanye, d. Pemasangan alat peraga, e. media sosial, dan lain-lain.

Pelaksana kampanye calon Anggota DPRD Kab OKU yaitu a. Pengurus Parpol peserta pemilu DPRD  b. Calon Anggota DPRD,
c. Juru kampanye pemilu yang ditunjuk oleh peserta pemilu anggota DPRD, d. Orang yang ditunjuk oleh peserta pemilu anggota DPRD, e. Organisasi penyelenggara pemilu DPRD yang ditunjuk oleh peserta pemilu anggota DPRD

Baca Juga :  Program CSR MODERN HOMESTAY Lakukan Penyemprotan Disinfektan Covid-19

Adapun Materi kampanye Pemilu yaitu a. Visi misi dan program pasangan calon untuk kampanye presiden dan wakil presiden, b. Visi misi dan program partai Politik untuk partai politik peserta pemilu yang dilaksanakan oleh calon anggota DPR, DPRD Provinsi, dan DPRD kabupaten, c. Visi misi dan program yang bersangkutan untuk kampanye pemilu perseorangan yang dilaksanakan oleh calon anggota DPD

Berdasarkan Peraturan KPU Nomor 15 Tahun 2023 tentang Kampanye Pemilu, dijelaskan bahwa pelaksana kampanye wajib menyampaikan pemberitahuan tertulis kepada kepolisian dengan tembusan ke KPU dan Bawaslu sesuai tingkatan.

Dalam pelaksanaan kampanye tersebut  pengamanan dilakukan oleh Personel Polres OKU.

Print Friendly, PDF & Email

No More Posts Available.

No more pages to load.