Rakoor Sentra Gakkumdu Pemilu Serentak Tahun 2024

oleh -295 views

Baturaja, Modern Terkini- Jum’at 12/01/ 2024  pukul 09.30 WIB bertempat di Kantor Bawaslu Kabupaten  OKU Jln. H.S. Simanjuntak No. 1 Kelurahan Kemalaraja Kecamatan Baturaja Timur berlangsung kegiatan Rakoor Sentra Gakkumdu pada Pemilu serentak tahun 2024.

Kegiatan Rakoor Sentra Gakkumdu dipimpin langsung  Yudi Risandi, S.Sos, M.Si Ketua Bawaslu Kabupaten OKU. Hadir pada kesempatan ini Kajari OKU Choirun Parapat, SH., MH, Waka Polres OKU, Kompol YULFIKRI, SH, Kanit Idik IV Pidkor Polres OKU Iptu Dedi  Iskandar, SE, Kasi Pidum Kajari OKU Erik Eko Bagus M.,S.H, Kordiv Penanganan Pelanggaran dan penyelesian sengketa Bawaslu Kabupaten OKU, Ahmad Kabul.,S.H.MH, Personel Sentra Gakkumdu dari Polres OKU, Personel Sentra Gakkumdu dari Kajari OKU.

Dalam sambutannya Yudi Risandi., S.Sos, M.Si menyampaikan bahwa Bawaslu OKU bertindak mengawasi dan menjaga Pemilu agar berjalan sesuai dengan tahapan yang telah ditentukan.

“Apabila terjadi pelanggaran pemilu akan ditindak sesuai mekanisme yang ada yaitu melalui sentra Gakkumdu, dalam melakukan pengawasan tidak hanya Bawaslu melainkan semua elemen masyarakat dan stakeholder juga terlibat dan mempunyai hak untuk mengawasi di setiap tahapan. Berharap dalam kegiatan ini kita berdiskusi bersama sehingga lebih memahami seluruh materi, tugas dan tanggung jawab dalam pelaksanaan Pemilu serentak tahun 2024.” tutur Yudi Risandi, S.Sos.

Baca Juga :  Aniaya Mantan Istri, Eko Digelandang Tim Singa Ogan Polres OKU

Kemudian dalam kegiatan Rakoor sentra Gakkumdu para narasumber menyampaikan arahan.

Kajari OKU Choirun Parapat, SH., MH “Kejaksaan Negeri OKU saat ini telah menyiapkan Posko Pemilu yang digunakan sebagai prasarana untuk media informasi ataupun permasalahan lainya terkait Pemilu Tahun 2024.

Agar Bawaslu Kabupaten OKU dapat memberikan informasi awal terkait laporan dugaan pelanggaran kepada Kejaksaan maupun Polres OKU sebagai langkah antisipasi awal.

Ikut melibatkan Pengadilan Negeri OKU dikarenakan apabila kedepan terdapat pelanggaran Pemilu yang masuk ke ranah pidana, sinergitas sudah terjalin sehingga dapat memudahkan proses penyelesaiannya.

Bahwa dalam penanganan tindak pidana terkait Pemilu harus profesional serta melakukan koordinasi dan sinergi dengan baik antar unsur yang terlibat Gakkumdu.

Adanya kemungkinan modus-modus baru kecurangan dan pelanggaran hingga tindak pidana pada pemilu 2024 baik pada Pilkada dan Pilpres terlebih penggunaan teknologi yang akan lebih intens.” uraiKajari OKU.

Waka Polres OKU, Kompol Yulfikri, SH” Untuk membuat grup Whatsapp Gakkumdu OKU sebagai percepatan informasi baik laporan awal, proses klarifikasi dan rekomendasi.

Rencananya pada 11/02/ 2024 Polres OKU akan melakukan apel kesiapan pengamanan Pemilu serentak tahun 2024.

Pelibatan personil dalam pengamanan TPS telah disiapkan sesuai dengan kebutuhan atau tingkat kerawanannya.

Baca Juga :  Kapolres OKU Mendukung Inovasi Madu Lebah Trigona PT. Semen Baturaja

Mengupayakan tindakan pencegahan terlebih dahulu terkait pelanggaran Pemilu.

Sering terjadi money politik yang  sulit dibuktikan, oleh karena itu agar terus memberikan himbauan melalui jajaran Bawaslu kepada masyarakat untuk tidak terlibat dalam praktek money politik.

Peran Kepolisian dalam pemilu yaitu melakukan pengamanan di setiap tahapan agar penyelenggaraan pemilu berjalan aman dan lancar, melakukan penyidikan terhadap tindak pidana Pemilu tergabung dalam Gakkumdu dan tugas pelayanan penerimaan pemberitahuan kegiatan kampanye.”jelas Waka Polres OKU.

Ahmad Kabul.,S.H.MH Kordiv Penanganan Pelanggaran dan penyelesaian sengketa Bawaslu Kab. OKU “Saat ini Bawaslu OKU sedang melakukan perekrutan calon anggota PTPS (Pengawas Tempat Pemungutan Suara (PTPS) di Kecamatan Kabupaten OKU yang nantinya akan ditempatkan 1 orang PTPS di setiap TPS.

Untuk permasalahan Internal di lingkungan Bawaslu terkait pelaksanaan tugas belum ada, fokus saat ini dalam pengawasan kegiatan kampanye dan Logistik Pemilu.

Sentra Gakkumdu OKU memiliki Kantor tersendiri (terpisah dari Bawaslu Kab. OKU) yang berada di Jln. Profesor Hamka No.065 Kelurahan Sukaraya Kecamatan Baturaja Timur dan rencananya akan dijadwalkan piket anggota Sentra Gakkumdu OKU.

Menjelaskan dalam tindak pidana Pemilu ada beberapa hal yang harus diperhatikan jika terjadi pelanggaran dalam kegiatan Pesta demokrasi yaitu mencakup saksi, ahli, barang bukti, surat keterangan bukti tersangka dan petunjuk.

Baca Juga :  Pemain 362, Digulung Reskrim Polsek Lubuk Batang Polres OKU Polda Sumsel

Bawaslu mempunyai tugas, wewenang dan kewajiban dalam penyelenggaran Pemilu diantaranya melakukan pencegahan dan penindakan terhadap Pelanggaran Pemilu dan Sengketa proses Pemilu, mengawasi pelaksanaan di setiap tahapan Pemilu, Netralitas ASN,  mencegah terjadinya praktik politik uang serta tugas lain sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.” Ahmad Kabul,SH,MH.

Kegiatan Rakoor Sentra Gakkumdu pada Pemilu serentak tahun 2024 berakhir pukul 10.30 Wib dalam keadaan aman dan kondusif.

Sentra Gakkumdu (Penegakan Hukum Terpadu) merupakan pusat aktivitas penegakan hukum tindak pidana pemilu yang terdiri dari unsur Bawaslu, Kepolisian serta Kejaksaan yang bertugas untuk menangani berbagai tindak pidana Pemilu.

Kegiatan Rakoor Sentra Gakkumdu tersebut juga merupakan bagian dari konsolidasi untuk menyampaikan peran, teknis dan mekanisme dalam menangani pelanggaran pidana pada Pemilu tahun 2024 .

Dilakukan Rakoor sentra Gakkumdu tersebut bertujuan untuk membentuk kerjasama dan sinergi dalam rangka mensukseskan pemilu serentak 2024, khususnya dalam hal penanganan pelanggaran Pemilu.

Dengan telah berlangsungnya kegiatan Rakoor tersebut, diharapkan dapat memberikan bekal pengetahuan bagi personel Gakkumdu di lapangan sehingga dapat meminimalisir terjadinya pelanggaran Pemilu yang berpotensi menimbulkan gangguan atau membuat situasi Politik di Kabupaten OKU menjadi tidak kondusif.

Print Friendly, PDF & Email

No More Posts Available.

No more pages to load.