Kecamatan Sosoh Buay Rayap “Darurat” Demam Berdarah

oleh -242 views

Baturaja, Modern Terkini- Memasuki tahun baru 2024 bersamaan dengan musim penghujan di wilayah Kabupaten OKU khususnya di Kecamatan Sosoh Buay Rayap merebak penyakit DBD (Demam Berdarah) . Di desa Kungkilan ada dua anak terdeteksi terkena DBD Aldini 9 tahun, Rahmad 11 tahun di rawat di Rumah Sakit Umum Baturaja.

Kamis 18/01/2024 UPTD (Unit Pelaksana Teknis Daerah) Puskemas ( Pusat Kesehatan Masyarakat) melakukan Fogging (Pengasapan untuk membunuh serangga) di desa Kungkilan bersama dengan Kepala Desa Ipen Japren dan Babinsa ( Bintara Pembina Desa ) Serka A. Roni dari Koramil (Komando Rayon Militer) 12/Baturaja.

Baca Juga :  Pesantren Darussalam Desa Mekarsari, Memperingati Tahun Baru Islam 1443 H
Babinsa Kungkilan sedang melakukan Fogging

Kegiatan Fogging ini untuk mencegah meluasnya wabah DBD di kecamatan Sosoh Buay Rayap karena beberapa waktu lalu sudah ada korban meninggal dunia anak Kepala Desa Bandar .

Fongging dilakukan dari rumah kerumah oleh Babinsa Serka A. Roni untuk memberikan rasa aman dari wabah DBD kepada warga masyarakat.

“Kami selaku Babinsa bersinergi dengan UPTD Puskesmas dan Kepala Desa Kungkilan menghimbau kepada masyarakat pada musim penghujan ini agar memperhatikan barang – barang yang tidak terpakai lagi seperti panci bekas , botol dan lainnya agar tidak ada genangan air. Karena situlah tempat berkembang biak nyamuk Aedes aegypti ( Nyamuk Demam Berdarah) berkembang biak.” ujar Babinsa Kungkilan

Baca Juga :  Kemensos RI Berikan Bantuan Tangan Palsu Kepada Rendi Hermawan

Kepala desa Kungkilan Ipen Japren berterima kasih kepada UPTD Puskesmas dan Babinsa karena telah turun ke desa nya untuk melakukan Fongging .

“Saya selaku Kepala Desa Kungkilan berterima kasih karena tim dari UPTD Puskesmas dan Babinsa terjun langsung ke desa kami melakukan pengasapan, karena sudah dua warga kami sudah dirawat di rumah sakit umum akibat DBD. Saya juga bersama perangkat Desa mengajak warga masyarakat untuk membersihkan lingkungan sekitar rumah masing-masing agar tidak ada genangan air ataupun tidak ada tempat yang lembab di dalam rumah . Karena ini tempat sarang nyamuk DBD ” tutup kepala desa Kungkilan.

Baca Juga :  Dra. Erlina Bahtiar Nahkodai PDBI OKU 2021-2025

 

 

 

Print Friendly, PDF & Email

No More Posts Available.

No more pages to load.