Pj. Bupati OKU H. Teddy Meilwansyah Menghadiri Peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) Ke-59 Kabupaten OKU Tahun 2023

oleh -487 views

Baturaja, Modern Terkini- Bertempat di Gedung Kesenian Baturaja, Senin (21/12/2023 )Pj. Bupati OKU H. Teddy Meilwansyah, Menyampaikan Sambutan Menteri Kesehatan RI Budi G. Sadikin, bahwa Indonesia Tengah mengalami periode bonus demografi yang terjadi hanya satu kali dalam peradaban sebuah negara kita bangsa Indonesia harus bekerja keras Memanfaatkan peluang ini sebagai Momentum Indonesia lolos dari middle income Trap menjadi negara berpendapatan tinggi, serta mencapai visi Indonesia emas 2045. Manusia Indonesia yang sehat dan cerdas adalah kunci mencapai masa keemasan itu karenanya tema kesehatan nasional ke-59 tahun 2023 yaitu transformasi kesehatan untuk Indonesia maju mutlak kita laksanakan.

Pj. Bupati OKU Teddy Meilwansyah saat memberikan kata sambutan

Setiap orang berhak memperoleh pelayanan kesehatan yang layak itulah amanat UUD 1945 bagi kita. Setiap orang berhak memperoleh pelayanan kesehatan dan negara bertanggung jawab atas penyediaan fasilitas pelayanan kesehatan yang layak itulah amanat UUD 1945. Bagi kita berdasar mandat itulah 6 pilar transformasi kesehatan penopang sistem kesehatan Indonesia harus kita bangun bersama dengan serius dan terus-menerus.

Baca Juga :  Pidato Gubernur Sumsel Usai Penyerahan SK PLh Bupati OKU Tuai Kontroversi

Pasca disahkannya undang-undang nomor 17 tahun 2023 tentang kesehatan pemerintah kini sedang menyusun Rencana Induk Bidang Kesehatan atau RIBK yang akan berfungsi sebagai haluan bersama dalam upaya pembangunan kesehatan di seluruh Indonesia. Pesan saya RIBK harus dijadikan acuan oleh pemerintah pusat dan pemerintah daerah dalam merencanakan menganggarkan dan mengimplementasikan program kesehatan di wilayahnya.

Pemerintah pusat tidak mampu melakukannya sendiri hanya dengan sinergi yang kuat dan kolaborasi yang erat antara pemerintah pusat pemerintah daerah dan seluruh elemen masyarakat enam pilar transformasi kesehatan bisa kita tegakkan untuk perubahan yang lebih baik.

Pilar pertama transformasi layanan primer dari fokus pengobatan menjadi mencegah. Pilar kedua transformasi layanan rujukan dari akses layanan kesehatan yang susah menjadi mudah. Pilar ketiga transformasi sistem ketahanan kesehatan.

Pilar keempat transformasi pembiayaan kesehatan dari pembiayaan yang tidak efisien menjadi transparan dan efektif.

Baca Juga :  Kemensos RI Berikan Bantuan Tangan Palsu Kepada Rendi Hermawan

Pilar kelima transformasi SDM kesehatan dari tenaga kesehatan yang kurang menjadi cukup dan merata. Pilar keenam transformasi teknologi kesehatan dari sistem informasi yang terfragmentasi menjadi terintegrasi dari teknologi kesehatan yang tertinggal menjadi terdepan.

Undangan yang hadir saat menyanyikan lagu Indonesia Raya

Terakhir yang tidak kalah penting transformasi Kesehatan tidak dapat diwujudkan tanpa transformasi budaya kerja para Insan kesehatan saya sering menyebutnya pilar transformasi ketujuh nilai-nilai dasar ASN berakhlak wajib kita hidup untuk mewujudkan birokrasi yang akuntabel lincah dan profesional harapan saya seluruh pegawai dan pejabat pemerintah baik di pusat maupun daerah dapat bekerja dengan kompeten jujur Selaras dalam mengawal dan menyukseskan transformasi kesehatan . Mari kita bekerja dengan sungguh-sungguh tidak korupsi layanan masyarakat dengan sepenuh hati.

Transformasi kesehatan adalah tonggak penting dalam sejarah perjalanan bangsa Indonesia menuju bangsa yang maju tidak hanya di kota-kota besar transformasi kesehatan harus menjangkau ke seluruh penjuru Indonesia tidak terkecuali di daerah terpencil tertinggal di perbatasan maupun kepulauan.

Baca Juga :  Berdampak bagi Akreditasi Prodi dan Institusi: Kontrak Kerja P3K PTNB Sisakan Berbagai Bermasalah

Pada kesempatan tersebut, Pj. Bupati OKU juga menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada segenap Insan kesehatan yang telah bahu-membahu berjuang tanpa mengenal lelah dalam melaksanakan pembangunan kesehatan Indonesia tenaga medis tenaga kesehatan tenaga pendukung kesehatan LSM swasta media profesional akademis seluruh pegawai dan pejabat pemerintahan di pusat dan daerah serta tak lupa para kader terima kasih dan terus semangat sebab perjuangan kita belum selesai.

“Dan Tak lupa saya ingin mengajak seluruh masyarakat untuk turut membangun kesehatan dimulai dari diri sendiri keluarga dan lingkungan sekitar kita mari kita bangun bersama tubuh dan jiwa yang sehat dan kuat demi Indonesia emas 2045”, pungkasnya.

Dihadiri oleh Forkopimda/Mewakili, Kemenag, Asisten, Kadinkes, OPD terkait, KA Rumkit, TP PKK Kab.OKU, DWP, IDI, IBI, PPNI, IAI, PAFI, Ka. UPTD Puskes, Para Dokter & Nakes di Kab.OKU serta para tamu undangan lainnya.

Print Friendly, PDF & Email

No More Posts Available.

No more pages to load.