Josi Robet : Gubernur Harus Segera Menentukan Pj Bupati OKU

oleh -789 views
Josi Robet, S.Pd., saat melakukan audiensi dengan DPRD OKU

OKU – Desakan agar Gubernur Sumatera Selatan segera menentukan Penjabat Bupati OKU (Pj Bupati OKU) terus disuarakan berbagai elemen masyarakat, salah satunya disampaikan oleh Josi Robet, S.Pd., salah seorang aktivis Kabupaten OKU saat kegiatan Ausiensi  audiensi Forum Ormas dan Masyarakat Peduli OKU dengan DPRD OKU yang membahas besarnya defisit anggaran Kabupaten OKU tahun 2021, Kamis (20/1/22) di Ruang Badan Musyawarah DPRD OKU.

“Kami sampaikan kepada DPRD OKU untuk mendesak pejabat yang berwenang dalam hal ini Gubernur Sumatera Selatan (dengan mengusulkan ke Mendagri) untuk menentukan Pj Bupati OKU ini,” tegas Josi Robet dalam audiensi yang di pimpin oleh Ketua DPRD OKU Ir. H. Marjito Machri serta dihadiri oleh Wakil Ketua DPRD OKU Yoni Risdiyanto, Ketua Komisi 2 DPRD OKU Parwanto, anggota DPRD OKU Parwin dan Elan Abidin, perwakilan Dinas PUPR OKU, Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman dan Badan Keuangan dan Aset Daerah (BKAD) OKU itu.

Baca Juga :  Pembagian 10 Juta Bendera Merah Putih Secara Simbolis Oleh Penjabat Bupati OKU

Desakan untuk segera ditunjuknya Pj Bupati OKU itu menurut Robet didasari pada carut marutnya kondisi keuangan pemerintah daerah, sehingga Pemkab OKU harus menanggung defisit anggaran ratusan milyar pada tahun 2021 lalu.

“Jika kita memiliki Pj Bupati, maka orang-orang yang tidak mampu membangun OKU ini keluarkan, contohnya pejabat yang tidak mampu menopang pembangunan OKU ini roling, PUPR (pejabat PUPR) yang tidak sanggup rolling, Perkim tidak sanggup rolling, karena kita sudah bosan dengan kondisi yang terjadi di OKU saat ini, ” ungkap Robet dengan berapi-api.

Baca Juga :  Penyaluran BST Tahap Ketiga, Desa Lubuk Batang Baru

Menurut Robet banyak dinas-dinas (pejabat dinas) yang perlu dievaluasi karena tidak mampu mendukung kemajuan OKU, namun karena saat ini OKU di pimpin oleh pelaksana harian bupati, maka dengan keterbatasaqn yang dimiliki Plh tidak dapat melakukan evaluasi terhadap kinerja pejabat-pejabat di dinas/instansi tersebut.

“Kami tidak peduli siapa pun itu (yang akan menjadi Pj Bupati OKU)sehingga OKU bisa berjalan, sehingga orang-orang yang tidak bermanfaat, tidak memiliki kemampuan dan inovasi dalam membangun OKU ini, silahkan mundur,” sambung Robet.

Baca Juga :  5 PJU Polres OKU Di Mutasi

Menanggapi keinginan dan desakan masyarakat agar DPRD OKU segera mendesak agar Gubernur Sumsel segera menunjuk Penjabat Bupati OKU, Ketua DPRD OKU menegaskan bahwa terkait Pj Bupati OKU adalah kewenangan Gubernur Sumsel.

“Pj Kewenangan Pak Gubernur, dari dulu kan kita sama-sama menunggu Pj, kalau Gubernur mengirim Pj maka kita ajak bersama-sama membangun OKU,” tegas Marjito.

Saat ditanya apakah akan dilakukan desakan oleh DPRD OKU, Marjito menegaskan bahwa desakan itu mestinya bukan dari Ketua DPRD

“Yang mau mendesak mestinya bukan dari Ketua DPRD (namun dari lembaga DPRD),” pungkasnya.

Print Friendly, PDF & Email

No More Posts Available.

No more pages to load.